Aksesoris Mikroskop Berbasis Kamera Akan Bisa Menganalisis DNA

Aksesoris ponsel memang menjadi cukup makin kian diminati terbukti dari beragam macam aksesoris yang sudah ada, dengan menawarkan berbagai bentuk, fungsi dan juga tampilan yang menarik untuk dipasangkan dengan Smartphone. Tentunya Aksesoris ponsel juga ini difungsikan sebagai tambahan untuk mempercantik ponsel tersebut atau mungkin untuk menambah fungsinya. Hal inilah yang membuat banyak aksesoris ponsel yang tersedia memiliki beragam macam bentuk atau Cuma sekedar hiasan saja. Terlebih lagi karena Smartphone saat ini banyak yang menawarkan kualitas kamera yang cukup baik untuk kualitasnya sehingga banyak juga aksesoris ponsel yang berhubungan dengan kamera ponsel. Sepertinya hal seperti Fish Eye, Superwide, Telezoom dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, ternyata hal ini juga yang membuat Mikroskop tidak disangka-sangka membuat aksesoris ponsel yang berhubungan dengan kamera Smartphone. Dimana fungsinya untuk menganalisis DNA kita, luar biasa sekali bukan jadi Anda bisa menganalisis DNA seseorang dengan ponsel Smartphone sekarang dipadukan dengan aksesoris ini.

Adapun seperti yang diberitakan oleh Tim Peneliti Universitas Kalifornia, Los Angeles dan juga Universitas Stockholm yang mana telah mengumumkan sebuah mikroskop yang mana berbasis kamera Smartphone. Dimana  tentunya Mikroskop ini akan bisa mendeteksi DNA, seperti yang dikutip dari BBC dan juga BGR pada hari minggu (22/1/2017). Ini tentunya akan sangat membantu dokter yang bisa melakukan analisis molekuler seperti Tumor, di tempat yang tidak memiliki laboratorium medis lengkap seperti rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan yang lengkap. Ini sangat membantu sekali,dimana secara teori akan bisa memungkinkan dokter melakukan diagnosis kanker dimana saja dan kapan saja tanpa mesti di rumah sakit. Luar biasa sekali bukan? Dengan begini penyakit Kanker atau Tumorpun bisa dideteksi lebih awal dan diatasi lebih awal. Tentunya para peneliti ini menerbitkan karyanya tersebut di sebuah jurnal Natura Communications,dimana mereka membayangkan bahwa teknologi yang mereka buat tersebut, nantinya akan memiliki dampak positif khususnya dibidang kesehatan yang mana saat ini sedang tumbuh.

Aksesori yang dirancang menggunakan 3D printer ini mengubah smartphone standar–sebagai contoh, tim peneliti menggunakan Windows Phone, tetapi mungkin aksesori ini bisa bekerja dengan smartphone apa saja–menjadi mikroskop yang memungkinkan untuk melakukan analisis dan pencitraan urutan DNA. Cara kerjanya sangat mudah. Tenaga medis hanya perlu menempatkan sampel jaringan ke wadah yang tersedia secar built-in di aksesori ini. Smartphone kemudian menandai sejumlah gambar dari sampel yang dihasilkan dan kemudian memprosesnya untuk menghasilkan informasi melalui suatu algoritma, yang dirancang untuk mengidentifikasi DNA tumor atau mutasi genetik yang tersembunyi di dalam jaringan normal. Menurut UCLA, aksesori ini dapat dibanderol dengan harga lebih murah dari US$ 500, jika dapat diproduksi secara massal. Sebagai perbandingan, harga mikroskop dengan kemampuan serupa antara US$ 10.000 hingga $ 50.000, bahkan lebih tinggi.

Tentunya dengan harga tersebut tidaklah terlihat mahal karena fungsinya bisa sangat membantu dan efektif sekali. Terlebih lagi untuk masyarakat yang ingin mengenal penyakit kanker dan juga tumor yang dinilai sangat berbahaya sekali dan wajib untuk mendapatkan perawatan khusus secepatnya. Dengan alat ini tentunya bisa membantu untuk mendeteksi penyakit Kanker dan Tumor sejak dini serta tidak perlu biaya yang besar untuk datang mengecek ke rumah sakit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *