Menelusuri Keindahan Pesona Alam Tersembunyi Di Yogyakarta

Selain berbagai tempat wisata seru dan murah,  ternyata Jogja juga memiliki beberapa tempat wisata alam tersembunyi yang bisa anda jelajahi, terutama bagi anda para petualang yang haus akan keindahan alam. Dan kami yakin, tempat-tempat berikut ini belum pernah anda coba kunjungi sebelumnya. Dimakah wisata alam tersembunyi itu? Berikut ulasannya.

Photo: ksmtour.com
  • Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun ini terletak di daerah pedesaan yang ada di Gunung Butak, dengan memiliki 6 tingkat yang menurun menuju daerah pekarangan sawah sekitar membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona akan keindahannya. Namun sayang, Anda hanya dapat menikmati keindahan alam ini ketika musim hujan saja. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus bersedia trekking. Pesona alam sekitar air terjun berupa pegunungan, sungai, perbukitan, dan pesawahan akan menemani perjalanan Anda dalam menemukan surga tersembunyi ini. Pastikan untuk membawa perbekalan berupa makanan dan minuman yang cukup untuk di perjalanan ya.

Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi: Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cara ke Sana:  Dari Yogyakarta ambil jalur ke Jalan Wonosari menuju Putat. Di perjalanan, Anda akan menemukan tanda jalan yang mengarahkan ke Air Terjun Kedung Kendang. Jarak perjalanan sekitar 26,9 kilometer  dan memakan waktu sekitar 49 menit.

Tiket Masuk: Sukarela

  • Watu Giring

Ini adalah salah lokasi wisata alam di Jogja yang menyajikan pemandangan batuan kapur nan eksotis dan gua yang cantik. Tebing-tebing batu kapur dengan berbagai level ketinggian,  memungkinkan Anda untuk mendaki hingga puncak sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Lokasi ini awalnya merupakan kawasan bekas pertambangan, namun struktur batuan yang terbentuk menyerupai reruntuhan kuil suku Maya. Datanglah saat hari sedang cerah, saat langit terlihat kebiruan, Anda dapat melihat Gunung Merapi dari kejauhan. Spot yang pas banget untuk ber-swafoto!

Watu Giring

Lokasi: Villa Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cara ke Sana: Pergi menuju Jalan Wonosari dari Kota Yogyakarta. Perjalanan berjarak 44.6 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan 23 berkendara.

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Sepeda motor Rp2.000,- | Mobil Rp5.000,-

  • Plunyon Kali Kuning, Sleman

Sebelum adanya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010, Plunyon Kali Kunung telah dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam favorit di Jogja. Saat terjadi letusan, lahar dingin dan panas menyebar ke seluruh area ini, dan satu-satunya yang selamat adalah bendungan serta jembatan Plunyon. Hingga sekarang, masih bisa terlihat sisa-sisa kejadian erupsi pada jembatan, meskipun begitu, bangunan ini masih dapat berfungsi dengan normal dan aman untuk dilalui pejalan kaki. Disini, Anda juga dapat bersepeda, trekking, bahkan berkemah.

Plunyon Kali Kuning

Lokasi: Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

Cara ke Sana: Dari Yogyakarta – pergi menuju Jalan Kaliurang, setelah Pasar Pakem belok kanan menuju Kali Kuning. Plunyon Kali Kuning terletak 25 kilometer dari Kota Yogyakarta dan memakan waktu sekitar 1 jam berkendara.

Telepon: 0811 2950 811

Jam Operasional: 24 jam

Tiket Masuk: Rp3.000,-

  • Tebing Breksi

Awalnya, tebing Breksi merupakan kawasan pertambagan, namun semenjak ditemukannya sisa-sia abu vulkanik dari gunung berapi purba Nglanggeran, kawasan ini kini diubah menjadi situs warisan budaya. Tebing Breksi sendiri sudah terbentuk sejak berjuta-juta tahun yang lalu. Dan ketika anda menginjakkan kaki di tempat ini, Anda akan langsung disambut oleh suasana yang begitu purba sekaligus menawan. Di lokasi ini Anda akan melihat beberapa pahatan bekas pertambangan bukit kapur, pesona keindahan alam yang menawan di tempat ini pasti akan membuat Anda takjub!

Tebing Breksi

Lokasi: Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Cara ke Sana: Dari Yogyakarta, Jalan terus ke Candi Prambanan.  Di Pasar Prambanan, ambil jalur yang berada di kanan dan mengarah ke Piyungan. Dari sana, Tebing Breksi berjarak sekitar 3 km. Cari arah menuju ke Candi Ijo dan belok kiri, lalu ikuti jalan sekitar 1 kilometer. Jalanan menuju Tebing Breksi merupakan jalanan berbatuan dan menanjak. Lokasi ini berjarak 17.9 kilometer, dan memakan waktu sekitar 36 menit.

Jam Operasional: 06.00 – 20.00

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Sepeda motor Rp2000,- | Mobil Rp5.000,-

  • Pantai Sinden & Pulau Kalong

Pantai Sinden bukanlah sebuah pantai berpasir putih seperti pantai pada umumnya, melainkan berupa sebuah tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut! Di seberang pantai Sinden, terdapat sebuah pulau yang dinamakan pulau Kalong. Yaitu sebuah pulau karang berwarna hijau yang ditumbuhi oleh berbagai tanaman liar. Serunya anda bisa menyeberang ke pulau Kalong dengan meniti jembatan gantung dari tali, dengan hempasan ombak ganas di bawahnya, juga hembusan angin laut yang membuat jembatan kayu ini bergoyang. Lebih menegangkan jika dibandingkan dengan menaiki wahana di Dufan!

Pantai Sinden & Pulau Kalong

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883

Jam Operasional: 06.00 – 17.00

Tiket Masuk: Rp6.000,- (Pantai) | Rp25.000,- (Jembatan Gantung)

Parkir: Rp3.000,- (motor) | Rp5.000,- (mobil)

Cara ke Sana: Dari kota Yogyakarta, Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini berjarak kurang lebih 80km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan. Lokasinya ada sebelum Pantai Wedi Ombo, dan tak jauh dengan Pantai Jungwok.

Sangat menarik bukan? Sudah tidak sabar ingin segera pergi ke tempat-tempat diatas? Terlebih dahulu, cari hotel murah Yogyakarta untuk mempersiapkan energi juga fisik anda sebelum melakukan petualangan. Untuk memudahkan pemesanan, anda bisa pesan hotel murah di Yogyakarta melalui situs Reservasi.com. Selamat berlibur!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *